Senin, 12 Desember 2011 - 00:14:28 WIB

Pesta Tabuik Sukses, Pariaman Sangat Ramai
Kategori: Serba - Serbi - Dibaca: 692 kali

650X130 Dua Tabuik diarak menuju Pantai Pariaman

Pariaman, KlikSumbar

Pesta Budaya Tabuik Piaman, berlangsung sangat sukses. Lebih 100 ribu orang hadir tumpah ruah ke Pariaman menyaksikan budaya kolosal ini. "Owaik... rami ughang lai.. Iyo bana basalingkik mancaliak oyak tabuik (Wah.. ramai betul orang menyaksikan Pesta Tabuik)," kata Taripin, warga Sungai Pasak, Kota Pariaman.

Dua buah Tabuik Piaman, yaitu Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang dihoyak disaksikan oleh ratusan ribu orang. Hoyak Tabuik ini diiringi oleh gendang tasa bertalu-talu. "Kedua Tabuik sukses diarak dan kemudian dibuang ke pantai pada saat matahari terbenam," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Hasbillah.

Saat kedua Tabuik dibuang ke laut, masyarakat berebut untuk mendapatkan bagian-bagian dari bangunan Tabuik, seperti rotan, bunga kertas dan boneka hingga badan burung burak yang ada pada Tabuik. Bagian-bagian Tabuik itu diyakini warga membawa berka. Entah iya, entah tidak.

Dalam puncak Pesta Tabuik ini dihadiri langsung oleh duo Piaman yaitu Walikota Pariaman Muchlis Rahman dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukni, juga tampak Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Boerhasman Boer, Wakil Ketua PKDP Sumbar Irvan Khairul Ananda.

Pesta Budaya Tabuik Piaman merupakan kalender wisata nasional yang telah diagendakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebagai pesta kolosal yang menghimpun kekuatan perantau dan kampung halaman, diharapkan dalam Pesta Tabuik 2012 mendatang menjadi ajang pariwisata internasional.

. ( Bke/ )

Share |


Angin Puting Beliung Menghantam Sungai Tarab(646)
Syamsul Bahri Terpilih Pimpin Demokrat Payakumbuh(796)
Zatako, Wartawan yang Penyapa Itu Meninggal Dunia...(586)
PDIP: Bantu Masyarakat Padang dengan Advokasi(397)
Ika, Korban Cuka Karet Sudah Boleh Pulang(493)


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas