1

Pesta Tabuik Sukses, Pariaman Sangat Ramai

By Gusfen Khairul 12 Des 2011, 00:14:28 WIBSerba - Serbi

Pesta Tabuik Sukses, Pariaman Sangat Ramai

Pariaman, KlikSumbar

Pesta Budaya Tabuik Piaman, berlangsung sangat sukses. Lebih 100 ribu orang hadir tumpah ruah ke Pariaman menyaksikan budaya kolosal ini. "Owaik... rami ughang lai.. Iyo bana basalingkik mancaliak oyak tabuik (Wah.. ramai betul orang menyaksikan Pesta Tabuik)," kata Taripin, warga Sungai Pasak, Kota Pariaman.

Dua buah Tabuik Piaman, yaitu Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang dihoyak disaksikan oleh ratusan ribu orang. Hoyak Tabuik ini diiringi oleh gendang tasa bertalu-talu. "Kedua Tabuik sukses diarak dan kemudian dibuang ke pantai pada saat matahari terbenam," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Hasbillah.

Saat kedua Tabuik dibuang ke laut, masyarakat berebut untuk mendapatkan bagian-bagian dari bangunan Tabuik, seperti rotan, bunga kertas dan boneka hingga badan burung burak yang ada pada Tabuik. Bagian-bagian Tabuik itu diyakini warga membawa berka. Entah iya, entah tidak.

Dalam puncak Pesta Tabuik ini dihadiri langsung oleh duo Piaman yaitu Walikota Pariaman Muchlis Rahman dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukni, juga tampak Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Boerhasman Boer, Wakil Ketua PKDP Sumbar Irvan Khairul Ananda.

Pesta Budaya Tabuik Piaman merupakan kalender wisata nasional yang telah diagendakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebagai pesta kolosal yang menghimpun kekuatan perantau dan kampung halaman, diharapkan dalam Pesta Tabuik 2012 mendatang menjadi ajang pariwisata internasional.

[Bke]
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Tokoh Dambaan Masyarakat
  Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc
  Drs. H. Muslim Kasim, Akt. MM.
  Ir. M. Shadiq Pasadigoe, SH, MM
  dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR
  Letkol (Purn.) Dr. H. Fauzi Bahar M.Si
  Drs. H. Syamsu Rahim
  Ir. H. Mulyadi
  Drs. H. Nasrul Abit

Komentar Terakhir