Rabu, 13 Juni 2012 - 22:35:09 WIB

Segera, Kereta Api Langsung ke Bandara Minangkabau
Kategori: Ekonomi - Bisnis - Dibaca: 638 kali

650X130 Bupati Ali Mukhni dan Dirjen Tundjung Ino membahas jalur KA ke BIM

Jakarta, KlikSumbar

Sumatera Barat akan menorehkan sejarah dalam dunia perkeretaapian, karena provinsi ini yang pertama di Indonesia punya jalur kereta api menuju bandara, yaitu dari Kota Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Jalur kereta api ke BIM akan menjadi proyek percontohan nasional serta memberikan mulity efect ke masyarakat di Sumbar," ujar Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni setelah konsultasi ke Dirjen Perkereta-apian Kemenhub Tundjung Ino di Jakarta, Selasa (12/6) malam.

Menurut orang nomor satu di Padang Pariaman ini, transportasi kereta api dari dan ke bandara tidak ada masalah lagi. "Tidak ada lagi masalah tentang pembebasan lahan dan pembangunan dapat dilaksanakan secepat mungkin. Saya garansi minggu ini juga bisa dilakukan peletakan batu pertamanya," ujar Ali Mukhni optimis, Rabu (13/6) siang di Jakarta.

Menurut Ali Mukhni, jalur kereta api tersebut dirancang melewati dua nagari di kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman.

Tokoh warga Ketaping, Datuak Rajo Sampono menyebutkan, masyarakat Ketaping sangat mendukung dan mendesak jalur kereta api ke bandara segera dibangun dan difungsikan. "Tidak ada masyarakat mempermasalahkan. Bahkan kami ingin pembangunan segera dilakukan, karena banyak tenaga kerja yang akan terserap olehnya," ujar Rajo Sampono yang juga penguasa ulayat daerah itu.

Dirjen Perkeretaapian, Tundjung Ino mengatakan secepatnya pihaknya akan melakukan pembangunan. Ini daerah pertama yang ada kereta api masuk sampai ke bandara, sehinga akan jadi pilot project secara nasional. "Insya Allah akhir Juni ini administrasi untuk pembangunan segera dituntaskan," sebut Tundjung.

Tundjung mengaku jika proyek ini tidak dicairkan hingga akhir tahun, besar kemungkinan tahun depan anggaran untuk Kementrian Perhubungan akan dikurangi sebanyak dana proyek tersebut. Karena itu, dana ini harus segera cair dan digunakan untuk pembangunan jalan kareta api.

. ( Ded/ )

Share |


Hadiah Mobil, Aia Pacah dan Gurun Laweh Bersaing e-KTP(418)
Saluang Minang, Bersiap Mendayu-dayu di Eropah(715)
Usaha Kopi Kiniko Gaet Untung Selama Tour de Singkarak(1108)
Tertarik Barang Murah, Aryo Tertipu Belanja Online(442)
Sekejap Sudah Banjir, Drainase Kota Padang Memprihatinkan(760)


2 Komentar :

urang gae
14 Juni 2012 - 10:53:43 WIB

Yang bener? Bupati bilang sudah beres dan clear tetapi kok di lapangan tidak ada action sama sekali.

Gamindra Kesuma
17 Juni 2012 - 09:14:19 WIB

Semoga cepat terwujudnya.

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas