Tsunami menyapu Mentawai

Yultekhnil Desak Agar Huntap Mentawai Segera Dibangun

Pembangunan Huntap (hunian tetap) korban gempa dan tsunami Mentawai kini tinggal selangkah lagi akan terwujud. Masih ada turunan dari izin Menhut RI soal kayu yang mengendala pembangunan tersebut.

"Secara prinsip sudah oke, Menhut sudah mengizinkan peralihan status hutan untuk dijadikan areal pembangunan Huntap," kata Ketua DPRD Sumbar, Yultekhnil.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, tahun 2013 Huntap sudah mesti mulai dibangun. Tidak ada cerita lagi. Warga korban tsunami sudah sangat mengharapkannya. Sayangnya, keluarnya izin Menhut tentang pemanfaatan hutan lindung, tidak serta merta langsung bisa dibangun. Masih ada izin pemanfaatan kayu dan tapal batas.

Jika proses berjalan normal saja, menurut Yultekhnil, Huntap dapat dibangun paling lambat April tahun depan. "Dana untuk pembangunannya sudah ada di rekening BNPB sebagai tindak lanjut persetujuan Presiden SBY untuk rehab-rekon Mentawai sebesar Rp1,17 triliun dimana Rp208 miliar dialokasikan untuk pembangunan Huntap," ujar Yultekhnil.

Selain dana pembangunan Huntap, juga dana pemulihan ekonomi daerah bencana sebesar Rp200 miliar. "Kita minta Pemkab dan Pemprov Sumbar pro aktif mengkordinasikan dana-dana itu dengan Menkokesra dan Menhut RI," ujar politisi Partai Demokrat ini.