Rabu, 22 Mei 2013 - 08:38:26 WIB

Kerang Mutiara Asal Perairan Sumbar Berkualitas Tinggi
Kategori: Ekonomi - Bisnis - Dibaca: 1223 kali

650X130 Kerang mutiara

Padang, KlikSumbar

Lautan Sumbar kaya kalsium dan fosfor, sehingga itu diyakini potensi kerang menghasilkan mutiara tidak kalah dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Setahun lagi, produksi kerang mutiara Sumbar siap membidik pasar internasional.

Mulai diliriknya kerang mutiara Sumbar ini, tidak terlepas dari kerja keras Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, yang selalu bersosialisasi dan melakukan pelatihan agar masyarakat pesisir pantai di Sumbar mau menjadi pelaku pembudidayaan kerang mutiara.

"Sebelum ini kita mengajak warga pesisir membudidayakan ikan kerapu, sekarang kerang mutiara, ini dalam rangka mengoptimalkan pendapatan masyarakat pesisir yang selama ini dicap sebagai masyarakat miskin," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikana Sumbar, Yosmeri di kantornya, Selasa (21/5).

Potensi kerang mutiara di Sumbar sangat menjanjikan. "Laut Sumbar memiliki potensi besar untuk menghasilkan mutiara yang berkualitas. Selama dua  tahun terakhir, budidaya kerang mutiara telah diujicobakan di Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan selanjutnya di Sungai Nipah Kabupaten Pesisir Selatan," ujar Yosmeri.

Seorang pengusaha mutiara asal Sumatera Utara melakukan penelitian terhadap mutiara yang dihasilkan, ternyata kualitasnya cukup membanggakan. "Dari hasil ujicoba dan penelitian PT Tigera Biru Mutiara di Pulau Sironjong, Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 1.200 ekor, hasilnya menggembirakan," ujarnya.

Yosmeri menjelaskan, ke depannya PT Tigera Biru Mutiara akan bermitra dengan masyarakat daerah pesisir di Sumbar  untuk membuka usaha serupa. Masyarakat akan diberi benih kerang dan media untuk budidaya. Dan ketika benih telah berumur 10 bulan atau berkembang menjadi cangkang berukuran 8 sampai 10 cm, maka akan dibeli oleh perusahaan dengan harga Rp2 ribu hingga Rp2.500.

"Budidaya kerang itu tergolong mudah, dan bisa ditumpang sarikan dalam keramba kerapu, tidak mahal apalagi ada bibit gratis dari pengusaha, sambil menyelam minum air bagi pembudidaya kerapu," ujarnya.

Pengusaha Mutiara PT Tigera Biru Mutiara, Yastan mengatakan, kandungan kalsium dan fosfor di laut Sumbar sangat bagus sehingga mampu menghasilkan kerang yang berkualitas. "Secepatnya budidaya kerang akan kita kembangkan di lima titik di Sumatera Barat, seperti Pesisir Selatan dan Kota Padang. Setiap  titik, bisa membudidayakan 25 ribu benih kerang, dengan menghasilkan omset mencapai Rp300 juta," ujarnya.

. ( aat/ )

Share |


IDI Sumbar Sampaikan Petisi Kesejahteraan kepada DPRD(829)
22 Kasus Dugaan Korupsi Dihentikan Kejaksaan Tinggi(649)
Chatib Basri, Menteri Keuangan Berdarah Minang(1315)
Dunia Usaha Malaysia Lirik Tamatan SMK 6 Padang(4132)
PAW Djonimar Boer Tinggal Diparipurnakan DPRD(505)


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas