Rabu, 22 Mei 2013 - 08:55:37 WIB

Aduh, Beasiswa S2 dan S3 Tak Ada Lagi di APBD Sumbar
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 1952 kali

650X130

Padang, KlikSumbar

Para pencari pendidikan jenjang pendidikan S2 dan S3 dan mengharapkan beasiswa dari APBD Sumbar, mulai tahun anggaran 2013 ini harus gigit jari. Pasalnya, Permendagri yang mengatur dana hibah dan bansos meniadakan bantuan dana pendidikan untuk program S2 dan S3.

"Ditiadakannya anggaran bantuan dana beasiswa bagi warga Sumbar yang mengambil program pasca sarjana S2 dan S3 bukan karena APBD Sumbar tidak mampu, tapi sejak 2013 ada himbauan dari Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), jadi kita mematuhi saja," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Syamsurizal, Selasa (21/5) di Padang.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2012 tentang hibah dan bantuan sosial, beasiswa termasuk kategori Bansos, sehingga hanya boleh diberikan kepada masyarakat beresiko sosial saja. Sedangkan selama ini penerima beasiswa S2 dan S3, hampir sebagaian besar bukan masyarakat yang beresiko sosial, umumnya mampu dan ada yang sudah bekerja.

Sampai APBD 2013, kata Syamsurizal, beasiswa untuk pendidikan lanjutan yang masih dianggarkan di APBD yakni untuk jenjang Strata 1. Pembiayaannya pun hanya diprioritaskan bagi siswa berprestasi yang terkendala faktor ekonomi untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Dan untuk beasiswa S1 pos anggaran tidak lagi berada di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat melainkan digeser ke Biro Bina Sosial sesuai Permendagri tentang hibah dan bansos.

Pemprov Sumbar saat ini sangat hati-hati terkait pengelolaan dana bansos dan hibah, selain ketat juga termasuk mekanisme pemberian beasiswa pendidikan tinggi. Dinas Pendidikan hanya bertugas melakukan klarifikasi kelayakan bagi penerima, yang membayarkan Biro Bina Sosial di Kantor Gubernur Sumbar.

Sampai Mei 2013 telah 40 mahasiswa yang diklarifikasi berhak mendapatkan beasiswa S1. Kalau dinyatakan layak oleh tim penilai akhir, maka setiap mahasiswa itu berhak menerima beasiswa sebesar Rp25 juta per tahun.

. ( aat/ )

Share |


Kerang Mutiara Asal Perairan Sumbar Berkualitas Tinggi(1225)
IDI Sumbar Sampaikan Petisi Kesejahteraan kepada DPRD(829)
22 Kasus Dugaan Korupsi Dihentikan Kejaksaan Tinggi(652)
Dunia Usaha Malaysia Lirik Tamatan SMK 6 Padang(4132)
PAW Djonimar Boer Tinggal Diparipurnakan DPRD(505)


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas