Jumat, 31 Mei 2013 - 08:40:51 WIB

Saldi; Galodo SP-3 Kasus Korupsi, Harus Dibongkar Lagi!
Kategori: Hukum - Dibaca: 293 kali

650X130

Padang, KlikSumbar

Tokoh Anti Korupsi Indonesia sekaligus pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas Padang, Prof DR Saldi Isra menilai, penghentian 22 kasus korupsi di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumbar adalah galodo.

"Peristiwa dihentikannya 22 kasus korupsi dengan mekanisme SP3 adalah terbesar sepanjang sejarah institusi kejaksaan di Indonesia dan sangat mengingkari semangat pemberantasan korupsi di negara ini," ujarnya usai Diskusi Panel Kehumasan di DPRD Sumbar, Kamis (30/5).

Bahkan Saldi ikut mendatangi langsung Kejaksaan Tinggi bersama Koalisi Masyarakat Sipil Sumbar untuk meminta kejelasan dan berkas SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyidikan) dari 22 kasus korupsi tersebut. Tapi Kejati Sumbar tidak mau menyerahkan dokumen SP3.

Menurut Saldi, SP-3 sebanyak 22 kasus itu harus ditentang karena berdampak terhadap kepercayaan masyarakat dalam penegakan hukum dan semangat pemberantasan korupsi. "Saya tidak habis pikir masak Kepala Kejati Sumbar yang baru menjabat itu terlalu berani menghentikan 22 kasus korupsi, ada apa ini," ujar Saldi Isra yang berjanji mempersoalkan masalah ini di tingkat nasional.

Dan kalau memang kasus itu tidak memenuhi unsur korupsi, mengapa kejaksaan dari dulu tidak hati-hati dalam menaikkan kasus ke tingkat penyidikan. "Ini adalah persoalan kinerja kejaksaan yang selalu katanya mengedepankan profesionalitas dalam menangani kasus korupsi, tetapi tidak ada buktinya," kata Saldi Isra.

Menurut Saldi, ia mendesak Jaksa Agung melakukan terobosan untuk membongkar kembali seluruh SP3 dari 22 kasus korupsi ini, termasuk yang menyangkut kepala daerah. "Kejagung RI harus berani membongkar rantai SP-3 yang telah dibuat bawahannya. Sebab SP-3 tidak berhenti total, bisa dibuka lagi," jelas Saldi.

. ( aat/ )

Share |


DPRD Desak Walikota Copot Firdaus dan Budhi Erwanto(388)
Gubernur Jadi Irup HUT ke-30 BPKP di Aia Pacah(430)
Calon Independen Padang Harus Kantongi 36.544 Copy KTP(658)
Saldi Isra Menyebutkan Masa Panen Anggota DPRD(379)
Aktifis Anti Korupsi Lempar Kejati dengan Telur Busuk(1123)


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas