Jumat, 31 Mei 2013 - 08:50:23 WIB

Calon Jalur Independen Tokoh Mumpuni Kota Padang
Kategori: Politik - Dibaca: 749 kali

650X130

Padang, KlikSumbar

Makin dekatnya tahap pendaftaran pasangan calon kepala daerah Kota Padang membuat suhu perpolitikan manjadi makin panas. Saat partai politik masih tarik ulur dan tertutup dalam menentukan pasangan calon, maka Calon Independen makin di atas angin.

Paradigma pencalonan mulai bergeser kepada calon perseorangan dengan mengantongi 36 ribu copy KTP. Dan jika mekanismenya diikuti secara baik, untuk mengumpulkan copy KTP sebanyak itu tidaklah sulit.

Menurut tokoh masyakat Koto Tangah, Syafrial Oyong, dengan tertutupnya mekanisme penetuan calon walikota dan wakil walikota dari partai politik, tentu jalan terbaik yang ditempuh kadfer terbaik Kota Padang adalah maju lewat jalur independen.

"Wajar banyak putra terbaik Kota Padang maju Pilkada Padang lewat jalur independen ketimbang Parpol, ini sebagai resiko partai yang tertutup dan tarik ulur," ujar Oyong, mantan Anggota DPRD Padang, Jum'at (31/5).

Menurutnya, jangan anggap enteng calon yang maju di jalur independen. "Kalau saya perhatikan justru calon yang maju lewat jalur perseorangan adalah figur-figur yang mumpuni dan akan mengalahkan calon dari jalur partai politik," ujarnya.

Bahkan, kata Oyong, justru calon maju di jalur independen itu tokoh yang tulus berjuang untuk membangun Kota Padang. "Mereka mau berdarah-darah untuk mendapatkan KTP dukungan, ketimbang berdarah-darah merebut Parpol dan menguntungkan sekelompok orang saja," ujarnya.

Dari informasi didapat www.kliksumbar.com, ada beberapa figur mulai menyiapkan diri melakukan pencalonan lewat jalur independen. Mereka adalah Desri Ayunda (Dirut PT. Igasar Semen Padang), Emzalmi (Mantan Sekda Padang), Indra Jaya (notaris), Maigus Nasir (ulama), Azhar Latif (mantan dirut PDAM) dan James Heliward (Guru Besar Unand). Kabarnya Asnawi Bahar juga tengah menyiapkan copy KTP untuk masuk jalur independen "Dari nama itu bukan tidak mungkin mereka bisa memecahkan rekor sebagai calon independen jika sampai awal Juni ini partai tidak meliriknya.

. ( aat/ )

Share |


Gubernur Jadi Irup HUT ke-30 BPKP di Aia Pacah(406)
Calon Independen Padang Harus Kantongi 36.544 Copy KTP(574)
Sumbar Gelar Pameran Produksi Ternak di Bukittinggi(724)
Media Cetak Lahirkan Sikap Nasionalisme Suatu Bangsa(793)
Bagi Yultekhnil Wartawan Adalah Sahabat Baik...(439)


1 Komentar :

tafchaniago
02 Juni 2013 - 13:58:00 WIB

Kenapa peserta Pilkada Kota Padang, calon perorangan banyak, salah satunya dapat menekan biaya, kedua dia betul-betul ingin jadi pemimpin yang amanah dari rakyat nantinya.
Kalau lewat partai jelas mengeluarkan cost yang tinggi untuk calonkan diri, mana uang untuk partai dan biaya kampanye. Saat ini masyarakat sudah cerdas menentukan pilihannya siapa yang akan menjadi pemimpin Kota Padang kedepannya.

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas