Rabu, 03 Juli 2013 - 20:57:39 WIB

Maigus-Armalis dan Mahyeldi-Emzalmi Telah Mendaftar
Kategori: Politik - Dibaca: 881 kali

650X130

Padang, KlikSumbar

Setelah dua hari Kantor KPU Padang sepi, sepanjang Rabu (3/7) mulai didatangi pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Padang.

Rabu pecah telur, dua pasangan sekaligus yang mendaftar, yakni Maigus Nasir-Armalis yang maju lewat jalur perseorangan dan Mahyeldi Ansharullah-Emzalmi yang diusung koalisi PKS dan PPP.

Mahyeldi Ansharullah adalah Wakil Walikota Padang saat ini, sedangkan Emzalmi merupakan mantan Sekdako Padang. Sedangkan Maigus Nasir adalah mantan Ketua DPRD Padang periode 1999-2004 yang berpasangan dengan Armailis, PNS di Pemkab Padang Pariaman.

Menurut Komisioner KPU Kota Padang, M.Sjahbana Syam, kedua pasangan yang mendaftar masih berstatus bakal calon. "Kedua pasangan tersebut masih harus melengkapi persyaratan pendaftaran sesuai peraturan KPU. Perbaikan harus dilengkapi dan diserahkan mulai tanggal 15 hingga 21 Juli 2013," ujar M. Syahbana Sjam.

Kamis (4/7) diperkirakan KPU akan mendaftar empat pasangan bakal calon Wako dan Wawako yaitu Indra Jaya-Jefri Hendri (perseorangan), Kandris Asrin-Indra Dwipa (perseorangan), Emma Yohana-Wahyu Iramana Putra (Koalisi Partai Bulan Bintang-Golkar) dan Desri Ayunda-James Hellyward (perseorangan).

Sementara itu masyarakat Kota Padang masih menunggu siapa pasangan calon yang akan diusung Partai Demokrat. Partai pemenang Pemilu ini merupakan pemilik kursi terbesar di DPRD Kota Padang.
"Keputusan siapa yang diajukan Partai Demokrat sebagai pasangan calon untuk Pilkada Padang masih menunggu keputusan DPP Partai Demokrat," ujar Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumbar, Gusfen Khairul, Rabu (3/7) petang.

Tak kalah menariknya adalah menunggu siapa pula pasangan yang akan diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Soalnya partai ini dipimpin oleh Fauzi Bahar yang juga Walikota Padang saat ini. Sejauh ini keputusan DPD PAN Padang sudah final, yaitu mengusung Letkol (Mar) Fahmi Bahar, adik kandung Fauzi Bahar. Koalisinya dikabarkan adalah Partai Hanura.

"Sekarang calon PAN masih menunggu keputusan DPP PAN yang rencananya diputuskan malam ini," ujar sumber di PAN Padang, Rabu (3/7) malam. Apalagi di PAN sendiri juga ada masih ada jagoan lain yang disimpan yaitu M. Ichlas El Qudsi (Michel).

Selain itu santer juga disebut kalau Walikota Padang Fauzi Bahar berupaya menduetkan Fahmi Bahar dengan kader Partai Demokrat Kota Padang. Kalau ini terjadi tentunya dengan koalisi Partai Demokrat, PAN dan Partai Hanura.

Sementara itu akademisi Universitas Andalas, Edi Hendrizal mengatakan, pasangan calon yang muncul dalam Pilkada Kota Padang belum satu pun yang kuat. Justru kalau dilaksanakan Pilkada sekarang, yang menang itu adalah warga yang belum menentukan pilihan. Jumlahnya mencapai 60 persen dari 600 ribu pemilih.

. ( aat/ )

Share |


Pariwisata Padang Bangkit, Grand Inna Muaro Diresmikan(631)
Golkar Usung Cawako Perempuan, Ada Warga Kecewa(757)
Pasca Naik BBM, Tarif Angkot di Padang Sudah Naik(1384)
Persemaian Nilai Budaya Lewat Tontonan Inspiratif(577)
Waduh, Banyak Perusahaan di Sumbar Tak Ikut Jamsostek(760)


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

iklan
^ Kembali ke Atas