Menu

Mode Gelap
Menag Kebangetan, Fauzi Bahar: Kasihan ke Bapak Presiden yang Berikan Wewenang Kepadanya Pulau Beriloga Sebeu Ini NKRI Alih Kepemilikan Tanah Pakai BPJS, Guspardi: Aneh Lagi Empat Sidang SIP Digelar KI, Pemkab Agam Tak Hadir Pesan Berantai KPU Bawaslu Terpilih Viral, Guspardi Terkejut..

News · 18 Jan 2022 22:04 WIB ·

Ini Loh Tips Defriman Djafri untuk Vaksin Anak


 Ini tips Defriman Djafri kepada oramg tua yang anaknya mau divaksinasi covid-19, Selasa 18 Januari 2022. (dok) Perbesar

Ini tips Defriman Djafri kepada oramg tua yang anaknya mau divaksinasi covid-19, Selasa 18 Januari 2022. (dok)

KlikSumbar — Sejak 12 Januari 2022, pemerintah manrgetkan sasaran vaksinasi covid-19 kepasa anak-anak. Sejak itu pro da kontra berseliweran di berbagai media sosial.

Tapi seharusnya tak perlu takut ananda divaksinasi covid-19, dan apa yang disiapkan berikut tips atau saran epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand Defriman Djafri kepada orang tua murid yang anandanya mau divaksin:

1. Ikuti sosialisasi vaksianasi anak dengan baik yang disampaikan oleh petugas di lapangan.

2. Pastikan anak kita divaksinasi dalam keadaan sehat.

3. Dampingi anak kita dalam melakukan vaksinasi., karena dalam vaksinasi screening menjadi penting, screening pada anak sebaiknya di dampingi orang tua.

4. Perlu kita pahami, vaksinasi sebagai ikhtiar juga tidak bisa menjamin kita kebal seketika dan juga sebaliknya juga tidak ada vaksinasi yang tidak berisiko.

“Risiko bisa diuraikan baik yang berat sampai ringan. Kita sebagai orang tua bagaimana minimalkan risiko tersebut. Salah satunya adalah meningkatkan literasi kita. Jangan kita dan anak stress duluan sebelum divaksinasi,” uajr Defriman Djafri Selasa 18 Januari 2022.

5. Kita juga menyadari, selelah divaksinasi terasa efek dari suntik sendiri (karena sudah lama ngga disuntik), dan dikira ini adalah efek vaksin. Ini yang perlu dipantau pada anak-anak setelah divaksin.

6. Saya juga termasuk orang yg tidak setuju, jika dipaksa orang untuk di vaksin (pemaksaan itu tidak dibenarkan, pemakaasan dalam kondisi darurat apakah dibenarkan.??, saya ngga bisa menjawab).

“Tapi perlu diingat, berterima kasihlah kepada orang yang telah divaksin, karena orang yang divaksin itu secara tidak langsung dapat melindungi orang tidak divaksin dari infeksi dan ujungnya kematian. Jika semua orang berfikir seperti ini, ikhtiarkanlah vaksinasi yang kita lakukan tidak hanya melindungi diri kita dan keluarga juga melindungi orang lain. Niatkanlah ini, semoga ini menjadi nilai ibadah disisi Allah SWT, “ujarnya.

7. Berdo’a dan mintalah pertolongan Allah, semoga vaknisasi pada anak kita berjalan lancar dan tetap sehat setelah vaksinasi.(adt)

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pelatihan digital marketing ditutup, pelaku UMKM kota Padang pede berjualan lewat online 

11 Maret 2022 - 08:02 WIB

Siap Sebar 250 Paket ke Pelajar di Daerah Bencana

3 Maret 2022 - 17:01 WIB

Satgas Gulben Lantamal II Berjibaku di Lokasi Bencana

28 Februari 2022 - 18:01 WIB

Solar Subsidi Langka, Guspardi Gaus: Truk Pemburu Harus Ditertibkan

28 Februari 2022 - 10:58 WIB

Ketum PBNU Doakan Korban Gempa Bumi

27 Februari 2022 - 18:47 WIB

Prim Haryadi Ketum DPP IKA FH Unand Terpilih

27 Februari 2022 - 12:55 WIB

Trending di News