Menu

Mode Gelap
Menag Kebangetan, Fauzi Bahar: Kasihan ke Bapak Presiden yang Berikan Wewenang Kepadanya Pulau Beriloga Sebeu Ini NKRI Alih Kepemilikan Tanah Pakai BPJS, Guspardi: Aneh Lagi Empat Sidang SIP Digelar KI, Pemkab Agam Tak Hadir Pesan Berantai KPU Bawaslu Terpilih Viral, Guspardi Terkejut..

News · 21 Feb 2022 10:12 WIB ·

Pimpin Lemkari Padang, Ini Alasan Surfa Yondri


 Ini alasan Surfa Yondri pimpin Lemkari Padang. (dok/rdi) Perbesar

Ini alasan Surfa Yondri pimpin Lemkari Padang. (dok/rdi)

KlikSumbar — Ketua Pengurus Cabang Lembaga Karate-Do Indonesia (Pengcab Lemkari) Kota Padang, Dr Surfa Yondri mengungkapkan penyebab dirinya memimpin perguruan karate berlambang harimau ini untuk periode 2020-2025.

Pada pembukaan kenaikan sabuk /ujian kyu Lemkari Kota Padang yang berlangsung kampus sekolah SMK Taruna Parupuak Tabiang No 22 C, Belakang Asrama Haji Tabing, Padang, Minggu pagi 20 Februari 2022 itu, sempat memaparkan peranan olahraga beladiri karate sebagai wahana pendidikan karakter.

Paparanya tentang olahraga karate sebagai sarana pendidikan karakter disampaikan menjelang pelaksanaan ujian kyu tersebut dimulai.

Kegiatan pelatihan karate bagi generasi muda yang menggelutinya adalah sebagai gambaran kecil seseorang dihadapkan dengan replika kehidupan yang sesunggunya, oleh karena itu kegiatan olahraga karate-Do sangat potensial untuk melaksanakan pendidikan moral, apabila dikelola dan dilaksanakan sebaik-sebaiknya.

“Persoalanya yang paling menonjol dewasa ini adalah pengembangan karakter, penerapan fair play atau sportifitas sebagai nilai inti dalam olahraga karate-Do. Latihan karate pada perguruan Lemkari jangan dipandang sebelah mata, karena melalui olahraga karate banyak mendidik kita dalam pembentukan karakter dan kepribadian ,” ujar Surfa Yondri penyandang DAN IV ini.

Menurut Surfa Yondri, yang sehari-harinya Direktur Politeknik Negeri Padang ini, perguruan karate Lemkari memberikan pemahaman para kohainya (murid-red) memahami norma salah benar, kearifan dalam kehidupan, memiliki sika sportiv, disiplin serta taat azas dalam tata pergaulan.

“Peran olahraga karate perguruan Lemkari yang kita cintai ini sangat penting dan strategi dalam konteks pengembangan kualitas sumber daya manusia yang sehat mandiri, bertanggungjawab dan memiliki sifat kompetitif yang tinggi,” kata Surfa Yondri dalam sambutannya dihadapan 300-an peserta ujian kyu Lemkari Kota Padang.

Surfa Yondri dan sensei Yatimen, Rafelita, Agusmardi, Nazar Efendi, Yunaldi dan MSH Kota Padang, juga memonitor langsung dari awal hingga akhir saat pelaksanaan ujian kyu berlangsung. (rdi)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pelatihan digital marketing ditutup, pelaku UMKM kota Padang pede berjualan lewat online 

11 Maret 2022 - 08:02 WIB

Siap Sebar 250 Paket ke Pelajar di Daerah Bencana

3 Maret 2022 - 17:01 WIB

Satgas Gulben Lantamal II Berjibaku di Lokasi Bencana

28 Februari 2022 - 18:01 WIB

Solar Subsidi Langka, Guspardi Gaus: Truk Pemburu Harus Ditertibkan

28 Februari 2022 - 10:58 WIB

Ketum PBNU Doakan Korban Gempa Bumi

27 Februari 2022 - 18:47 WIB

Prim Haryadi Ketum DPP IKA FH Unand Terpilih

27 Februari 2022 - 12:55 WIB

Trending di News