Menu

Mode Gelap
Menag Kebangetan, Fauzi Bahar: Kasihan ke Bapak Presiden yang Berikan Wewenang Kepadanya Pulau Beriloga Sebeu Ini NKRI Alih Kepemilikan Tanah Pakai BPJS, Guspardi: Aneh Lagi Empat Sidang SIP Digelar KI, Pemkab Agam Tak Hadir Pesan Berantai KPU Bawaslu Terpilih Viral, Guspardi Terkejut..

Ekonomi · 23 Feb 2022 10:24 WIB ·

Masih Adakah Energi untuk Rakyat?


 Defiyan Cori minta pengelolaan BBM sebagai energi untuk rakyat dari hulu ke hilir kepada Pertamina, Rabu 23 Februari 2022. (dok) Perbesar

Defiyan Cori minta pengelolaan BBM sebagai energi untuk rakyat dari hulu ke hilir kepada Pertamina, Rabu 23 Februari 2022. (dok)

KlikSumbar —Topik dalam bentuk. pertanyaan menjadi bahasan bincang-bincang energi digelar Harian Umum Singgalang menghadikan narasumber kompeten soal energi dan pengawasannya, Rabu 23 Februari 2022.

SAM Pertamina Patra Niaga Sumbar I Made Wira Pratama mengakui bahwa kuota solar untuk Sumbar dari tahun ke tahun turun dari solar terjual tahun sebelumnya.

“Kuota itu tidak Pertamina mematoknya, Solar di Sumbar tahun ini turun 3 persen ketimbanng solar terjual pada 2021,” ujar Wira memulai bincang energi di Hotel Truntum Padang.

Solar memang energi pro rakyat karena harganya jauh dibandung sopar jenis Dexlite yang harga per liternya Rp 12400.

“Tapi ketersediaanya terbatas, bahkan sering dibeli oleh konsumen yang tak berhak mengkonsumsi solar yang harganya disubsidi, jadi wajar SPBU dalam kota di jam tertentu truk tronton dan bus besar mengular di jalan masuk ke SPBU,” ujar Wira.

Dalam pengawasannya Pemerintah Provinsi juga kewalahan karena ketakadaan wewenang mengawasinya.

“Semua BPH Migas yang atur dari hulu ke hilir soal BBM untuk rakyat ini. Kita minta penugasaan wewenang dengan secarik kertas, Insya Allah beres masalah energi for people ini,” ujar Kadis ESDM Sumbar Heri Martius.

Pengamat Konstitusi Defiyan Cori menyigi masalah regulasi yang berubah-ubah.

“Satu saja regulasi sampai saat ini bertahan dan itu regulasi dasar yairu Pasal 33 UUD 1945. Tapi regulasi pelaksanaannya banyak tak konkruen,” ujar Defiyan Cori.

Cara memastikan energi untuk rakyat ini menurut Defryan serahkan seutuh dan sepenuhnya soal pengelolaan hulu hingga hilir ke Pertamina.

“Takut Pertamina super power, di sinilah peran Presiden dan tangan-tangan Presiden ada Polri ada Jaksa Agung atau KPK sekalipun mengawasi Pertamina itu,” ujar Defiyan. (adr)

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pelatihan digital marketing ditutup, pelaku UMKM kota Padang pede berjualan lewat online 

11 Maret 2022 - 08:02 WIB

Siap Sebar 250 Paket ke Pelajar di Daerah Bencana

3 Maret 2022 - 17:01 WIB

Satgas Gulben Lantamal II Berjibaku di Lokasi Bencana

28 Februari 2022 - 18:01 WIB

Solar Subsidi Langka, Guspardi Gaus: Truk Pemburu Harus Ditertibkan

28 Februari 2022 - 10:58 WIB

Ketum PBNU Doakan Korban Gempa Bumi

27 Februari 2022 - 18:47 WIB

Prim Haryadi Ketum DPP IKA FH Unand Terpilih

27 Februari 2022 - 12:55 WIB

Trending di News