Menu

Mode Gelap
Menag Kebangetan, Fauzi Bahar: Kasihan ke Bapak Presiden yang Berikan Wewenang Kepadanya Pulau Beriloga Sebeu Ini NKRI Alih Kepemilikan Tanah Pakai BPJS, Guspardi: Aneh Lagi Empat Sidang SIP Digelar KI, Pemkab Agam Tak Hadir Pesan Berantai KPU Bawaslu Terpilih Viral, Guspardi Terkejut..

Ekonomi · 28 Feb 2022 10:58 WIB ·

Solar Subsidi Langka, Guspardi Gaus: Truk Pemburu Harus Ditertibkan


 Guspardi Gaus ingatkan truk beroda enam atau lebih jangan buru solar bersubsidi di SPBU, Senin 28 Februari 2022. (dok) Perbesar

Guspardi Gaus ingatkan truk beroda enam atau lebih jangan buru solar bersubsidi di SPBU, Senin 28 Februari 2022. (dok)

KlikSumbar — Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus menilai keberadaan truk-truk yang memburu solar bersubsidi di sejumlah SPBU di Kota Padang telah meresahkan masyarakat.

Pasalnya, keberadaan mereka menjadi penyebab kemacetan dan mengambil hak komsumen lain, setiap SPBU ada Solar pasti diserbu truk pemburu BBM dengan harga disubsidi negara.

Menurut informasi, truk sejenis dump truk yang mempunyai roda lebih dari 6 roda yang banyak melakukan pemburuan solar bersubsidi dan sebenarnya bukan hak mereka.

“Truk seperti itu tidak haknya mendapatkan solar subsidi. Akibat ulah mereka telah menimbulkan kemacetan dan mengganggu pengguna jalan lainnya,” ujar Guapardi, Senin 28 Februari 2022.

Tindakan sopir truk seperti dump truk yang mempunyai roda lebih dari 6 yang masih mengisi solar bersubsidi jelas melanggar Pepres no 191 tahun 2014.

Pepres terebut kata Guspardi tegas mengatur bahwa jenis truk yang mempunyai roda lebih dari 6 tidak berhak membeli solar bersubsidi.

“Mereka bisa mengisi BBM jenis solar industri dan Dex yang tersedia di SPBU Petamina. Sehingga tidak menghilangkan jatah atau mengambil hak kosumen yang memang berhak atas solar bersubsidi,” ujar politisi PAN ini.

Anggota Komisi II DPR RI itu menjelaskan sesuai peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 di sebutkan :

“Penggunaan BBM tertentu termasuk Solar subsidi hanya ditujukan bagi rumah tangga, usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi, dan pelayanan umum. Truk yang mempunyai roda di atas 6 seperti Truk CPO, Dump Truk, Trailer, Truk Gandeng dan Mobil Pengaduk semen (Mclen) tidak berhak menggunakan Solar bersubsidi,”.

Perpres ini biasanya di tindaklanjuti dengan surat edaran dari Pemerintah Daerah maupun surat edaran dari BPH Migas.

Legislator daerah pemilihan Sumatera Barat 2 ini pun mengatakan, kenyataan dilapangan sering tejadi ketegangan yang menimbulkan salah paham dan adu mulut antara petugas SPBU dan sopir truk.

Tak jarang berujung keributan serta bentrokan. Sebab sopir truk beralasan mereka sudah bayar untuk mendapatkan BBM jenis solar bersubsisdi

Untuk itu para sopir truk pemburu solar ini harus ditertibkan. Diharapakan semua stakeholder dan pemangku kebijakan perlu memberikan penyadaran dengan melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Bahwa truk-truk itu tidak berhak menggunakan solar bersubsidi tersebut. Dan aparat keamanan juga mesti melakukan razia secara rutin dan melakukan tindakan tegas kepada para sopir truk pemburu solar ini.

“Sementara kepada seluruh lapisan masyarakat diharapkan agar membeli BBM sesuai kebutuhan dan peruntukannya,” ujar Guspardi Gaus yang juga menjadi anggota Baleg DPR RI tersebut.(faj)

Artikel ini telah dibaca 174 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pelatihan digital marketing ditutup, pelaku UMKM kota Padang pede berjualan lewat online 

11 Maret 2022 - 08:02 WIB

Siap Sebar 250 Paket ke Pelajar di Daerah Bencana

3 Maret 2022 - 17:01 WIB

Satgas Gulben Lantamal II Berjibaku di Lokasi Bencana

28 Februari 2022 - 18:01 WIB

Ketum PBNU Doakan Korban Gempa Bumi

27 Februari 2022 - 18:47 WIB

Prim Haryadi Ketum DPP IKA FH Unand Terpilih

27 Februari 2022 - 12:55 WIB

Pertamina Gercep Bantu Bencana Gempa Pasbar

26 Februari 2022 - 12:22 WIB

Trending di News